Image by Afif Kusuma

lanskap bisnis indonesia

Gambaran

Terletak di antara samudra Hindia dan Pasifik, ini adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 17.000 pulau, berkontribusi pada sumber daya alam yang melimpah dan jaringan transportasi utama. Dengan luas 1.904.569 kilometer persegi (735.358 mil persegi), Indonesia adalah negara terbesar ke-14 di dunia dalam hal luas daratan dan negara terbesar ke-7 di dunia dalam hal gabungan luas laut dan darat.

Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dengan populasi besar lebih dari 270,2 juta. Populasi yang besar berarti pasar yang besar tersedia untuk diinvestasikan oleh perusahaan asing di Indonesia.

 
Image by Dias

Ekonomi

Indonesia telah memperoleh hasil yang luar biasa dalam pengentasan kemiskinan, dengan menurunkan tingkat kemiskinan lebih dari setengahnya sejak 1999, menjadi 9,78% pada tahun 2020. Sebelum krisis COVID-19, Indonesia mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang konsisten, yang baru-baru ini memenuhi syarat untuk dicapai oleh negara tersebut. status pendapatan menengah ke atas.

Perencanaan ekonomi Indonesia mengikuti rencana pembangunan 20 tahun, mulai dari 2005 hingga 2025. Ini dibagi menjadi rencana jangka menengah 5 tahun, yang disebut RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) masing-masing dengan prioritas pembangunan yang berbeda. Rencana pembangunan jangka menengah saat ini - tahap terakhir dari rencana jangka panjang - berlangsung dari tahun 2020 hingga 2024. Hal ini bertujuan untuk lebih memperkuat ekonomi Indonesia dengan meningkatkan sumber daya manusia dan daya saing negara di pasar global.

Image by Hendra Yudha Pratama

Iklim

Iklim Indonesia adalah tropis. Suhu di darat tetap cukup konstan, dengan dataran pantai rata-rata 28 ° C, daerah pedalaman dan pegunungan rata-rata 26 ° C, dan daerah pegunungan yang lebih tinggi, 23 ° C. Indonesia mengalami sedikit perubahan pada durasi siang hari dari satu musim ke musim berikutnya.

Indonesia memiliki dua musim hujan dan kemarau yang keduanya bersifat relatif. Meskipun terdapat variasi regional yang signifikan, musim kemarau terjadi pada bulan April hingga Oktober, sedangkan musim hujan terjadi pada bulan November hingga Maret.

Image by Edo Nugroho

Zona waktu

Waktu Indonesia Barat

Waktu Indonesia Barat

UTC + 07: 00

Waktu Indonesia Tengah

Waktu Indonesia Tengah

UTC + 08: 00

Waktu Indonesia Timur

Waktu Indonesia Timur

UTC + 09: 00